Kiper Chelsea Tidak Mau Diganti, Pelatih Marah Besar

kiper chelsea tidak mau diganti

Pada final Piala Liga Inggris lalu saat melawan Manchester City, klub Chelsea FC sempat menjadi buah bibir penikmat sepak bola. Hal ini karena kiper Chelsea tidak mau diganti oleh manajer saat itu, Mauruzio Sarri. Penolakan yang dilakukan oleh Kepa Arrizabalaga membuat Maurizio marah. Meskipun demikian, Kepa tetap diijinkan melanjutkan permainan hingga akhir.

Final Piala Liga Inggris 2018-2019

Piala Liga Inggris atau dalam Bahasa Inggris disebut English Football League (EFL) merupakan kompetisi sepakbola professional se Inggris raya. Pertandingan ini pertama kali digelar pada 1960-1961, dan hingga saat ini jumlah tim yang mengikuti adalah sebanyak 92 tim.

Pada periode tahun 2018-2019 lalu, final Piala EFL mempertemukan antara Chelsea FC dan Manchester City. Rekam jejak antara Chelsea dan Manchester City pada periode tersebut bisa dibilang saling bertentangan. Ketika Manchester City bisa menapaki jalan mulus dan dapat mencapai final dengan mudah, hal ini berkebalikan dengan Chelsea yang harus terseok-seok.

READ  Pemain Sepak Bola Terkaya di Indonesia, Siapa Saja?

Chelsea harus menaklukkan  club besar, diantaranya yaitu Liverpool dan Tottenham. Sedangkan Manchester City hanya perlu menghadapi tim-tim yang relatif tidak terlalu berat, yaitu Oxford United, Fulham, Burton Albion, dan Leicester City. Tapi karena sudah berjodoh, keduanya tetap dipertemukan di partai final pagelaran bergengsi sepak bola Inggris itu.

Diadakan di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Minggu, 24 Februari 2019 pukul 23.30 WIB, final Piala Liga Inggris 2018-2019 berlangsung penuh drama. Mulai dari drama panas permainan yang berlangsung seru, juga drama yang diperankan oleh Kepa Arrizabalaga selaku penjaga gawang Chelsea pada pertandingan hari itu.

Kepa Arrizabalaga Menolak iganti

Kepa Arrizabalaga, memainkan peran besar dalam drama berjudul Kiper Chelsea Tidak Mau Diganti. Saat itu Kepa telah mengalami cedera sebanyak dua kali. Kepa dua kali terjatuh karena mengalami kram kaki. Oleh karena itu manajer Chelsea, Sarri, berinisiatif menariknya keluar lapangan dan digantikan kiper baru, Willy Cabalero

READ  Gaji Pemain Bola Termahal, Siapa Pemiliknya?

Namun Kepa  merasa baik-baik saja dan merasa kuat melanjutkan pertandingan hingga selesai. Hal ini mengundang kemarahan Maurizio. Bahkan selama sisa pertandingan Maurizio harus ditenangkan oleh pemain lain. Cibiran juga datang dari penikmat sepak bola karena ulah Kepa ini. Meskipun demikian, Kepa tetap diijinkan melanjutkan permainan hingga akhir.

Chelsea Kalah

Perjuangan Chelsea ternyata tidak membuahkan hasil yang menyenangkan. Melalui kontes adu pinalti, Manchester City berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 3-4, setelah sebelumnya tertahan imbang hingga babak pertambahan waktu selesai. Chelsea harus menelan pil pahit kekalahan dan mengubur angan menjadi juara Piala EFL 2018-2019.

Kepa Mendapat Sanksi

Drama kiper Chelsea menolak diganti tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. Selain telah menciderai wibawa Maurizio sebagai manajer, Kepa terbukti tidak mampu mengamankan gawang The Blues (sebutan untuk Chelsea).

Pada akhir pertandingan Kepa Arrizabalaga meminta maaf kepada Maurizio dan pendukung Chelsea. Maurizio pun tidak mengambil pusing kejadian itu. Mereka menganggap insiden kecil ini hanya karena kesalahpahaman saja, saat itu Maurizio tidak mengetahui jika keadaan Kepa baik-baik saja dan masih bisa bermain.

READ  Gaji Pemain Bola Termahal di Indonesia, Ini Pemiliknya

Meskipun demikian, Chelsea tetap menindak tegas Kepa dengan memberikan denda yang cukup besar, yaitu senilai dengan pemotongan satu minggu gaji. Selain itu Kepa juga diharuskan untuk mengulang permintaan maafnya kembali.

Kala itu Kepa Arrizabalaga memiliki gelar kiper termahal di dunia. Nilai transfer Kepa dari Athletic Bilbao menuju Chelsea senilai 71,6 paun, atau jika dalam rupiah berarti 1,3 triliun rupiah.

Gaji yang didapatkan Kepa juga tak tanggung-tanggung. Dalam satu bulan Kepa menerima uang 14 miliar sebagai gajinya dari tim yang menaunginya, yaitu Chelsea. Jika dihitung berarti potongan gaji yang harus diterima oleh Kepa adalah sebasar 3,5 miliar.

Drama kiper Chelsea tidak mau diganti yang mewarnai perhelatan besar Piala Liga Inggris tentu tidak mudah dilupakan pecinta sepakbola, terutama penggemar Chelsea. Namun sangat disayangkan kekeraskepalaan Kepa tidak bisa sebanding dengan kinerjanya. Ia tidak bisa menyelamatkan The Blues dari kekalahan melawan The Citizen.

You May Also Like

About the Author: Yanagisawa Misato